Header Ads

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Charging Smartphone



Baterai merupakan komponen yang sangat vital bagi android. Oleh karena itu komponen ini sangat harus dijaga pemeliharaan kondisi nya agar tetap bisa digunakan secara optimal. Melakukan charging pada baterai smartphone yang baik dan benar memiliki beberapa hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan karena akan mengakibatkan berkurangnya peforma baterai ataupun bisa mengalami kerusakan ( Drop ).



Pasti ada beberapa pengguna smartphone yang asal-asalan pada saat melalukan charging tanpa memikirkan dampak yang akan ditimbulkan pada smartphone mereka . Pada kesempatan kali ini droiDot akan share beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat melakukan Charging Smartphone  
  • jangan menggunakan Hp saat di charge 
Yang paling sering melakukan hal ini biasanya adalah gamers, kemudian yang sering melakukan chatting dan membuka sosial media. Sebenarnya cara yang paling baik saat ponsel di- charge adalah mematikan atau minimal tidak digunakan karena ketika Smartphone digunakan saat di charge akan meningkatkan suhu dan merusak sel baterai  dan tentunya jika terlalu panas lama kelamaan smartphone akan mengalami overheat dan kemungkinan terburuk bisa terjadi matot ( mati total )
  • Jangan meletakkan Hp di kasur atau tempat yang empuk saat di charge
Meletakkan Smartphone di kasur atau di tempat empuk saat di charge tentu bukan hal yang benar. karena tempat tersebut akan cepat membuat smartphone panas karena meningkatnya suhu yang sangat cepat. bayangkan saja saat pengakukan charging saja smartphone akan terasa sedikit lebih panas apalagi diletakkan di tempat yang tidak seharusnya kemungkinan terburuk jika terus dibiarkan akan membuat smartphone meledak.
  • Jangan menunggu batrai sampai 0% ( persen )
Setiap baterai memiliki batasan charge cycle atau maksimal berapa kali charge hingga performanya menurun. Jika agan menggunakan smartphone hingga baterainya 0% maka kemungkinan akan menurunkan performanya. Pada sebuah tes didapatkan bahwa rata-rata charge cycle sebuah baterai sekitar 1000 hingga 2500 dalam keadaan setiap kali charge maksimal baterai tersisa 25%. Tetapi ketika sisa baterai 0% maka charge cycle hanya sekitar 300 - 500 saja. Jadi sebaiknya ketika sudah 14% langsung charge baterai smartphone agan. Biasanya di Smarphone Android akan ada pemberitahuan ketika baterai low di bawah 20%, disaat itulah sebaiknya smartphone agan dicharge.
  • Jangan menggunakan charger bajakan atau KW
Ini adalah salah satu hal yang yang sering sekali dilakukan oleh pengguna Smartphone. Charger Smartphone saat ini memang hampir sama semuanya terutama untuk Android, namun perlu kita ketahui tidak semua semua smartphone memiliki spesifikasi charger yang sama walaupun itu sama-sama original tetapi tetap ada standard ampere yang dimiliki oleh masing-masing charger. Apalagi yang kalian gunakan adalah Charger KW. hal itu akan membuat baterai smartphone tidak akan bertahan lama. Jadi sebaiknya gunakan lah charger original bawaan smartphone itu sendiri.

  • Jangan charging hp semalaman
Kebiasaan melakukan charging seperti ini biasanya bertujuan agar ketika esok hari mau digunakan, baterai sudah terisi penuh. Sebenarnya hal seperti ini tidaklah benar, karena terdapat kerugian yang akan agan dapatkan yaitu kerusakan pada baterai. Bahkan jika smartphone yang kualitasnya kurang bagus bisa berakibat merusak kemponen-komponen yang lain juga. sebaiknya lakukan charging disaat kamu sedang terjaga agar bisa segera mecabut charger apabila sudah penuh atau agan juga bisa menggunakan cara ini.


  • Jangan menggunakan Hp non-stop
Semua yang hidup pasti butuh istirahat, apalagi perangkat yang nyatanya buatan manusia. Jika smartphone agan digunakan secara non stop, baterai dan perangkat agan akan panas apalagi jika aplikasi yang berjalan di background sangat banyak. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mematikan Ponsel secara berkala, waktu yang paling baik adalah ketika tidur karena diwaktu itulah Ponsel kita sedang tidak digunakan.

Demikian beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pada saat melakukan charging smartphone. Semoga artikel ini bisa membuat agan lebih berhati-hati pada saat melakukan charging.


Powered by Blogger.