Header Ads

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Atau PC


Mungkin sebagian pengguna laptop atau PC pasti pernah mengalami kondisi dimana laptop atau PC mereka Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSoD), juga disebut STOP error, akan muncul ketika ada masalah yang sangat serius sehingga Windows harus berhenti total. BSoD biasanya masalah terkait hardware atau driver. Kebanyakan BSOD menunjukkan kode BERHENTI yang dapat digunakan untuk membantu mencari tahu akar penyebab blue screen tersebut.

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Laptop Atau PC


Blue Screen atau Blue Screen of Death (BSOD) merupakan sebuah masalah yang sering terjadi bagi para pengguna sistem operasi Windows baik pada komputer maupun laptop. Blue Screen ini merupakan sebuah kondisi dimana sistem operasi windows hanya menampilkan sebuah layar berwarna biru pada sebuah monitor. Masalah Blue Screen di sebabkan oleh adanya masalah pada hardware dan software pada komputer atau laptop anda.

Ciri - ciri laptop atau PC yang akan mengalami Blue Screen atau BSOD adalah tiba-tiba laptop atau PC saat melakukan kinerja terasa sangat berat atau LAG, terkadang sampai mengalami not responding. Hal ini perlu diwaspadai karena Blue Screen akan terjadi.

Meskipun cara di bawah ini tidak 100% bisa membantu masalah Blue Screen komputer Agan, tidak ada salah nya untuk mencoba beberapa alternative yang bisa digunakan dari DroiDot . Tips ini bisa digunakan untuk Windows 7 , Windows 8 , windows 10 , Dll.

System Restore 

System Restore – alternative pertama yang mungkin bisa membantu masalah Blue Screen sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. karena dengan system restore Ini komputer kamu akan kembali ke keadaan seperti baru lagi. jika ternyata system restore ini berhasil mengatasi masalah komputer kamu, berarti kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software. 

Install Update Driver 

Install Update Driver – penginstalan driver yang tidak benar atau tidak diperbarui alias update bisa menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD. 

Scan Malware 

Malware yang masuk ke dalam sistem operasi Windows bahkan jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. alternative yang bisa kamu lakukan adalah scan antivirus terhadap malware. 

Repair System Operasi Windows 

Jika cara diatas belum berhasil untuk mengembalikan Windows dalam laptop atau kmputer dalam kondisi yang semula, kemudian anda bisa melakukan cara kedua yaitu dengan menggunakan metode Repair System Operasi Windows. fungsi dari Repair System Operasi Windows adalah untuk mengatasi masalah Blue Screen of Death yang biasanya terjadi karena ada file windows yang corrupt. Cara ini memerlukan DVD operasi system Windows yang kemudian digunakan untuk melakukan repair pada windows. 

 Periksa  Hardware 

Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan menuliskan di papan keyboard Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kamu terlalu panas dan kekurangan fan. 

Booting ke Safe Mode 

Jika laptop kamu terjadi BSOD ketika dinyalakan, kamu dapat masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kamu dapat menguninstallnya. 

Install Ulang Windows 

Solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang komputer kamu. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

Sekian Artikel DroiDot yang bisa di share semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Terima Kasih.

Powered by Blogger.