Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi Kalkulator Zakat di Android Lengkap

Zakat dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya seperti fakir miskin dan semacamnya. Zakat dari segi bahasa berarti 'bersih', 'suci', 'subur', 'berkat' dan 'berkembang'.


Zakat termasuk rukun Islam yang ke-4, selain syahadat, salat, puasa dan haji. Namun demikian, hukum zakat hanya wajib bagi setiap Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Macam-Macam Zakat

Secara umum zakat terdiri dari dua jenis, yakni zakat fitrah dan zakat mal.

1. Zakat Fitrah
Zakat fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu laki-laki maupun perempuan muslim yang berkemampuan sesuai syarat-syarat yang ditetapkan.

Zakat fitrah dapat dibayar dengan setara 3,5 liter (2,5 kilogram) makanan pokok dari daerah yang bersangkutan yang dikeluarkan menjelang hari raya Idul Fitri atau pada bulan Ramadan.

2. Zakat Mal
Zakat maal (harta) adalah zakat penghasilan seperti hasil pertanian, hasil pertambangan, hasil laut, hasil perniagaan, hasil ternak, harta temuan (harta karun), emas dan perak. Masing-masing jenis penghasilan memiliki perhitungannya sendiri.

Untuk membayar zakat kita bisa langsung ke badan amil atau juga sekarang bisa langsung secara online melalui aplikasi semacam aplikasi zakat online atau juga menggunakan aplikasi zakat fitrah excel dan sebagainya

Selanjutnya agar kita bisa mengetahui berapa zakat yang kita keluarkan, atau apakah kita sudah wajib membayar zakat khususnya zakat mal banyak sekali aplikasi android diplaystore yang menyediakannya.

Aplikasi Kalkulator Zakat

Salah satu aplikasi kalkulator zakat bisa menggunakan aplikasi yang kami rilis dengan nama "Hitung Zakat Lengkap" atau versi terbaru kami dengan nama "HITUNG ZAKAT v2" melalui playstore secara gratis.
Diaplikasi ini kami menyediakan fitur utama yaitu: 
  • Hitung Zakat Fitrah 
  • Hitung Zakat Harta/Emas 
  • Hitung Zakat Penghasilan 
  • Hitung Zakat Perniagaan/Dagang 
  • Hitung Zakat Peternakan 
  • Hitung Zakat Pertanian 
  • Hitung Zakat Harta Karun (Harta Temuan)
Selain itu ditambahkan juga menu-menu referensi berupa dalil-dalil atau hukum dari zakat dari Al Quran dan Al Hadist.

Dengan ukuran file yang cukup kecil, aplikasi ini dapat dijalan sekalipun tanpa terhubung ke internet khusus modul utamanya, sementara modul dukungan/referensi wajib terhubung keinternet.

Post a Comment for "Aplikasi Kalkulator Zakat di Android Lengkap"