-->

Android 12: Fitur dan Ponsel yang dapat diinstal Android 12


Google baru saja merilis sistem operasi terbaru Android 12 versi beta secara global dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar secara online. Seperti biasa, untuk permulaan tidak semua jenis ponsel bisa menginstal pembaruan Android 12. Google akan menguji coba pembaruan ini pada beberapa merek ponsel untuk mencoba sistem operasi terbaru ini.

Sudah barang tentu tidak semua tipe dari merek-merek ponsel itu bisa langsung menikmati Android 12. Dan berikut daftar ponsel yang bisa menjajal android 12:

  • Google Pixel 3, 3 XL
  • Google Pixel 3A, 3A XL
  • Google Pixel 4, 4 XL
  • Google Pixel 4A, 4A 5G
  • Google Pixel 5
  • Asus Zenfone 8
  • OnePlus 9, 9 Pro
  • Oppo Find X3 Pro (model CPH2173)
  • TCL 20 Pro 5G
  • Vivo iQOO 7
  • Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11I, Mi 11X Pro
  • ZTE Axon 30 Ultra 5G
  • sejumlah model Sharp, Tecno, dan Realme.
Android 12 diklaim memiliki dan banyak menghadirkan fitur dari generasi sebelumnya yaitu Android 11. Berikut ini adalah deretan fitur serta kemampuan baru Android 12:

1. Material You
Android 12 membawa perubahan desain baru yang lebih minimalis dengan pilihan warna yang lebih bervariasi. Google menyebut bahasa desain baru di Android 12 sebagai "Material You".

Dengan pembaruan ini, ketika pengguna memilih salah satu wallpaper, nantinya sistem akan secara otomatis menyesuaikan warna panel sesuai dengan warna yang dominan pada wallpaper yang dipilih.

2. Panel Baru
Android 12 juga membawa tampilan baru untuk menu Quick Tiles. Ketika pengguna menggulirkan bilah notifikasi ke bawah, pengguna kini akan menemui deretan menu berbentuk kotak, alih-alih bulat seperti pada Android 11.

Di menu pull-down, area notifikasi juga tak lagi transparan, diganti dengan warna solid. Tentu, warna yang ditampilkan tergantung dengan tema yang diterapkan oleh pengguna.

2. Fitur Privacy ditingkatkan
Google menyematkan sejumlah fitur privasi baru ke dalam aplikasi untuk memberi pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka. Ada pula fitur Privacy Dashboard yang memungkinkan pengguna dapat melihat informasi tentang berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon dalam 24 jam terakhir.

Fitur ini juga menawarkan opsi untuk memberikan izin sementara atau menolak izin aplikasi yang ingin mengakses data tertentu pada ponsel.

4. Desain notifikasi baru
Google turut meningkatkan kinerja Android 12 untuk membuat perangkat jadi lebih responsif salah satunya perubahan pada desain notifikasi. Pengguna bisa langsung masuk ke dalam aplikasi ketik mengetuk notifikasi yang muncul.

5. Berbagi koneksi WiFi lebih mudah
Bila sebelumnya ingin membagikan koneksi WiFi dengan orang lain, Anda harus membuat kode QR terlebih dahulu.

Nah, di Android 12, Anda cukup menekan opsi "Nearby" untuk memunculkan kode QR tersebut secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan kredensial WiFi kepada siapa pun yang Anda pilih.

6. Mode satu tangan
Android 12 juga menyertakan perubahan desain antarmuka untuk memudahkan pengoperasian ponsel Android dengan satu tangan (One-handed mode). Pada one-handed mode ini, antarmuka Android 12 akan mengecil secara vertikal ke bagian bawah layar ponsel.

Jika ingin kembali ke mode normal, pengguna tinggal mengusap (swipe) ke atas atau mengetuk bidang kosong di atas bilah one-handed mode yang sedang berjalan.

You may like these posts

  1. To insert a code use <i rel="pre">code_here</i>
  2. To insert a quote use <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. To insert a picture use <i rel="image">url_image_here</i>