Header Ads

Android 9.0 Pie: Penerus Oreo Siap di Rilis


Penerus Oreo akan siap dirilis. Adalah Perangkat Pixel dan Pixel 2 Google akan menerima versi baru android pie lebih dulu diikuti smartphone Android One menjelang akhir tahun, serta perangkat lain yang memenuhi syarat untuk ikut serta dalam Android Open Beta.

Pada artikel kali ini semua terkait tentang Android 9.0 Pie, sebelum anda memiliki dan menggunakan operasi sistem terbaru ini.

Android 9.0 Pie: Penerus Oreo Siap di Rilis

Berikut hal-hal yang patut diketahui tentang android pie :

FITUR BARU

Didukung oleh kecerdasan buatan
Google sangat percaya bahwa ponsel Anda harus menjadi milik Anda, dan harus beradaptasi dengan kehidupan Anda, bukan sebaliknya. Android 9.0 Pie menghadirkan beberapa fitur yang didukung kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Layar kunci lebih kuat
Layar kunci di Android semakin kuat. Di Android 9.0 Pie, layar kunci akan terlihat lebih dari sekadar tampilan waktu, setidaknya pada ponsel Pixel. Sekarang akan menampilkan hal-hal seperti cuaca dan acara kalender yang akan datang yang mungkin anda miliki, yang berarti anda bisa mendapatkan informasi tersebut dengan tampilan sederhana.

Cara baru untuk menavigasi telepon Anda
Salah satu perubahan terbesar yang anda hadapi di Android 9.0 Pie adalah sistem navigasi baru. Tombol navigasi Android tradisional telah diganti dengan ikon berbentuk pil kecil di bagian bawah layar.

Geser ke atas dari bawah untuk melihat aplikasi terkini anda, dan geser penuh ke atas akan membuka panel samping aplikasi. Geser tombol home berbentuk pil ke kanan dan anda dapat dengan cepat menukar kembali ke aplikasi terakhir yang Anda gunakan. Tombol kembali masih ada, tetapi hanya saat anda berada di aplikasi lain. Anda dapat menekan tombol berbentuk pil untuk kembali/pulang, menekan dan menahannya akan membuka Asisten Google.

Android 9.0 Pie juga menghadirkan beberapa gerakan baru, termasuk menahan tombol Daya dan Volume Naik untuk mencegah dering, sementara opsi untuk membungkam ponsel dengan memutarnya.

Digital Wellbeing
Salah satu lampu sorot utama Google adalah Digital Wellbeing di Android 9.0 Pie, memastikan ponsel anda bermanfaat untuk anda, dan bukan sebaliknya. Untuk itu, Google menerapkan banyak fitur berguna yang memungkinkan pengguna membatasi waktu yang mereka habiskan di ponsel mereka, melihat di mana mereka menghabiskan waktu paling banyak, dan bersantai sebelum tidur.

Salah satu fitur baru ini adalah Dasbor Android - fitur yang membantu melacak jumlah waktu yang anda habiskan di perangkat anda. Melalui dasbor, anda dapat melihat berapa lama anda menggunakan ponsel untuk mengirim pesan, streaming konten, menjelajah internet, atau bahkan melakukan panggilan.

Do Not Disturb improvements
"Jangan Ganggu perbaikan" sejauh ini lebih mudah digunakan. Ketuk sekali dan anda tidak akan melihat, mendengar, atau merasakan pemberitahuan baru masuk (kecuali untuk alarm). Anda dapat menyesuaikan ini sesuai keinginan anda dalam pengaturan "Jangan Ganggu", dan seperti sebelumnya, tambahkan jadwal untuk anda kapan ingin menyala secara otomatis - termasuk ketika anda memiliki acara berdasarkan kalender anda.

Bluetooth yang Ditingkatkan
Android 8.0 Oreo menambahkan kemampuan untuk terhubung ke dua speaker Bluetooth yang berbeda pada saat yang sama, memberi alat yang anda butuhkan untuk memberikan diri anda sendiri suara stereo buatan sendiri.

Android 9.0 Pie akan menjadi tiga lebih baik, dengan kemampuan untuk menyatukan hingga lima speaker Bluetooth yang berbeda sekaligus, pada dasarnya memberi anda pilihan untuk membangun sistem suara surround. Panggilan masuk akan dikirim ke salah satu dari speaker yang mampu menangani panggilan - jadi tidak ada panggilan aneh dengan suara yang datang kepada anda dari sekitar Anda.

Kunci ponsel Anda
Salah satu yang terbesar, tetapi paling sedikit dilaporkan untuk Android 9.0 Pie adalah mode "Lockdown" yang baru. Untuk memicu, tahan tombol power anda dan pilih Lockdown dari daftar. Ini akan mengunci ponsel Anda, membersihkan semua pemberitahuan dan info pribadi dari layar kunci Anda.

Untuk membuka kunci ponsel, Anda harus memasukkan PIN atau kata sandi - tidak ada entri biometrik yang akan membuka kunci ponsel Anda, jadi tidak ada sidik jari dan sidik wajah. Google telah merancang fitur ini untuk melindungi terhadap pencuri atau siapa pun yang mungkin mencoba membuka kunci ponsel anda dengan menunjukkan wajah anda atau memaksa jari anda ke sensor.

Perbaikan alat yang ada
Ini bukan hanya tentang fitur baru - beberapa fitur yang ada dan yang disukai akan mendapatkan lapisan cat baru dan beberapa mainan baru juga. Mengambil daun dari buku Apple, Google menambahkan zoom ke alat pemilihan teks.

Pada dasarnya, lensa zoom akan muncul selama pemilihan teks yang memungkinkan anda untuk melihat teks yang anda pilih, memastikan bahwa anda selalu bisa mendapatkan pilihan yang tepat.

Hotspot Seluler Android 
Android 9.0 Pie menambahkan opsi baru yang secara otomatis mematikannya hotspot selular jika tidak ada perangkat yang terhubung dengannya, jadi anda tidak perlu mematikannya secara manual setiap kali anda selesai membagikan koneksi Anda.

Opsi ini diaktifkan secara default, tetapi anda dapat mengaksesnya dalam pengaturan hotspot Seluler biasa jika Anda ingin mematikannya.

Google Maps akan datang di dalam ruangan
Google Maps adalah aplikasi navigasi yang paling dicintai dan paling banyak digunakan, tetapi hingga saat ini, Google Maps sebagian besar hanya berfungsi untuk mengemudi atau berjalan di luar dan bukan untuk tempat dalam ruangan besar seperti mal.

Mencegah rotasi layar yang tidak disengaja
Meskipun Android saat ini menawarkan opsi kunci orientasi layar, ini dapat sedikit mengganggu saat anda beralih antar-aplikasi. Android 9.0 Pie menawarkan cara baru untuk mencegah rotasi layar yang tidak disengaja.

Anda juga dapat menyematkan layar ke orientasi tertentu melalui bilah navigasi. Jika anda ingin mengubah orientasi, anda hanya perlu mengetuk ikon untuk membiarkan ponsel anda melakukan hal itu.

Dukungan multicamera
Tahun lalu, Nokia memperkenalkan fitur baru yang disebut Dual-Sight ke beberapa ponselnya. Dengan Dual-Sight, anda dapat menggunakan kedua lensa kamera di ponsel anda secara bersamaan untuk mengambil gambar.

Android 9.0 Pie akan membuat fitur serupa tersedia secara luas di sebagian besar ponsel cerdas Android, karena memungkinkan pengembang mengakses aliran di beberapa kamera telepon secara bersamaan. Ini tidak berarti fitur seperti Nokia Dual-Sight kini dibangun di Android, tetapi akan mudah bagi pengembang untuk membuat aplikasi pihak ketiga dengan sesuatu yang serupa.

Emoji inklusif
Berharap untuk melihat lebih dari 100 emoji baru di Android 9.0 Pie. Ya, anda akan menemukan sejumlah emoji tanpa gender, serta emoji dengan banyak rona kulit dan warna rambut (atau tanpa rambut sama sekali).

Jika Anda ingin melihat semua emoji baru yang akan membuka jalan ke ponsel anda dalam waktu dekat, anda bisa mendapatkan sekilas di Emojipedia.

Aplikasi "Downloads app" telah diganti namanya menjadi ‘File’
Aplikasi Download sekarang disebut aplikasi File. Untuk saat ini, tampaknya itu adalah perubahan nama yang sederhana, tetapi ini menjadi pertanda baik untuk area ekspansi masa depan terutama dengan Google membangun aplikasi File Go.

ML Kit
Meskipun ML Kit bukan khusus Android, fitur baru ini yang membuat Android 9.0 Pie jauh lebih ramah-pengguna. Dengan ML Kit, pengembang aplikasi dapat menggunakan tugas pembelajaran mesin Google di dalam aplikasi mereka sendiri.

ML Kit memungkinkan pengembang untuk menggunakan kamera untuk deteksi wajah, pengenalan landmark, pengenalan teks, dan sejumlah fitur pengenalan lainnya.

Demikian, sekilas android 9.0 pie.

No comments

Powered by Blogger.