Header Ads

Beberapa Tips Pertolongan Pertama Untuk Smartphone Kemasukan Air


Smartphone kesayangan kemasukan air adalah hal yang paling dihindari, apalagi untuk agan yang tidak bisa lepas dari smartphone mereka. Adakalanya kita ceroboh dan membuat Handphone kita kemasukan air, mungkin jatuh ke sungai, kolam renang, jatuh di wastafel, atau mungkin kehujanan.  


Ciri-ciri apabila smartphone agan kemasukan air :

Lensa kamera bagian dalam berembun
Layar depan berembun

Baca juga :  Ingin Mencoba Melakukan Tes Tahan Air Sony Xperia Z Series ? Sudahkah Anda Melakukan Ini

Apabila hal ini terjadi sebaiknya jangan langsung panik. Jika pada saat smartphone agan kemasukan air lalu tiba-tiba tidak memiliki tanda-tanda kehidupan, DroiDot akan membagikan tips Cara Mengatasi Smartphone yang kemasukan air.

  • Matikan Smartphone Segera Mungkin

Segera matikan Ponsel dan lepas semua komponen seperti Baterai, memory card dan SIM card. Untuk Android jaman now kebanyakan sudah menggunakan baterai tanam ( Non-Removable Battery ) tidak perlu khawatir cukup lepas memory card dan SIM card saja.

  • Bukalah Bagian-Bagian Smartphone Yang Mudah Dibuka

Segera buka bagian-bagian hp yang bisa dibuka seperti casing blakang, slot memory dan slot SIM card. karena disitu adalah tempat keluar masuk nya air. 

Jika memang air yang masuk kedalam Hp terlalu banyak agan bisa goyangkan Hp agan agar air bisa keluar sedikit demi sedikit.

  • Gunakan kain untuk membersihkan Smartphone dari air.

Bersihkan permukaan Smartphone dengan kain kering untuk memastikan tidak ada lagi air yang masuk kedalam  ponsel. Sebaiknya jangan membersihkan dengan cara menggosok kan kain ke permukaan ponsel karena hanya akan menyebabkan air berpindah kemana-mana.

  • Keringkan Smartphone menggunakan vacum cleaner atau pengering rambut ( hair dryer )

Cara terbaik untuk mengeluarkan air dari smartphone adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Agan juga bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan air yang ada didalam ponsel. Sebelum menggunakan vacuum cleaner, pastikan sudah tidak ada benda-benda kecil seperti sim card, sd card atau baterai.

  • Tanam di dalam beras

Cara ini menurut saya paling jitu. Jika agan memiliki karung yang berisikan tumpukan beras, Tanamkan ponsel agan kedalam beras tersebut dengan posisi slot-slot terbuka. Ini akan memudahkan air keluar dari ponsel. Jika sudah ditanam tunggulah 2-3 hari, memang cukup lama tapi cara ini memang dibutuhkan kesabaran yang ekstra.


Jika memang masih tidak ada tanda-tanda kehidupan maka alangkah baiknya bawalah ke tempat para ahli.


Mungkin sekian tips yang DroiDot share pada kesempatan kali ini, semoga kita jadi lebih berhati-hati saat  membawa smartphone kesayangan kita. Terima kasih.

Powered by Blogger.