Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah dia 10 Fitur Unggulan Android 10

Inilah dia 10 Fitur Unggulan Android 10

Baru-baru ini kita dengar bahwa Google merilis Android 10 ke pasaran, dimana sebelumnya yang sudah tersedia untuk jajaran perangkat Pixel, dari Pixel 1 sampai 3.

Banyak sekali fitur-fitur andalan yang mungkin tidak ada pada versi sebelumnya. Nah, apa saja fitur unggulannya? berikut ulasannya:

Smart Reply
Smart Reply adalah fitur di mana ponsel akan memberikan shortcut ke aplikasi relevan sesuai dengan notifikasi yang muncul. Misalnya ketika ada notifikasi pesan dengan sebuah titik GPS, maka shortcut yang muncul adalah Google Maps.



Gesture Swipe Baru
Google membenamkan fitur gesture baru di Android 10, contohnya adalah mengganti tombol back dengan swipe dari ujung bagian kiri atau kanan bawah layar. Perpindahan antara satu aplikasi ke aplikasi lain juga bisa dilakukan dengan swipe di kiri atau kanan bawah layar.

Namun fitur ini bisa dimatikan jika pengguna lebih suka bernavigasi menggunakan cara lama. Yaitu dengan dua tombol navigasi (back dan home), atau tiga tombol navigasi (back, home, dan recent apps).


Live Caption
Live Caption adalah fitur yang bisa mentranskrip percakapan yang ada di ponsel, baik itu berasal dari video, podcast, atau pesan audio. Hebatnya, fitur ini bisa bekerja tanpa koneksi internet.


Sound Amplifier

Dengan fitur ini pengguna bisa meningkatkan dan mengatur suara yang dikeluarkan lewat headphone dengan kabel. Jadi pengguna bisa mendengarkan suara dari rekaman yang volumenya kecil, ataupun bisa menghilangkan noise di background suara.


Format Foto HEIF
Ada format foto baru yang didukung di Android 10, yaitu HEIF. Format baru ini membutuhkan storage yang lebih kecil namun kualitas fotonya setara dengan format JPEG yang sebelumnya lazim digunakan.

Privasi
Privasi adalah satu hal yang mendapat porsi besar di pengaturan Android 10. Dalam menu pengaturannya, semua pengaturan seperti app permissions, account activity, dan lainnya bisa ditemukan di satu tempat.

App Permission yang Lebih Ketat
Di Android 10, pengguna bisa mengatur bagaimana aplikasi mengakses lokasi data ponsel. Pilihannya adalah setiap waktu, hanya ketika aplikasi digunakan, atau tidak pernah sama sekali.

Bahkan Android 10 juga akan mengingatkan penggunanya jika ada ada aplikasi yang mengakses data lokasi sepanjang waktu.

Pembaruan OS Bakal Semudah Pembaruan Aplikasi

Pembaruan OS yang dimaksud di sini adalah pembaruan pada bagian keamanan OS, yang bakal semudah menginstal atau memperbarui aplikasi di Google Play Store. Dengan fitur ini diharapkan pengguna akan semakin mudah untuk memperbarui keamanan ponselnya.

Focus Mode
Dalam mode ini pengguna bisa mematikan sejenak aplikasi tertentu yang mungkin bisa mengalihkan perhatian.


Dark Mode
Android 10 mempunyai mode gelap yang diterapkan di keseluruhan sistem. Mode gelap ini diharapkan akan lebih nyaman untuk mata manusia, dan bisa mengirit penggunaan baterai (untuk ponsel dengan jenis panel layar tertentu).


Demikian artikel dengan judul 10 Fitur Unggulan Android 10.

Post a Comment for "Inilah dia 10 Fitur Unggulan Android 10"