Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CPU Usage PC Kamu 100%, Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Mungkin beberapa pengguna laptop atau komputer terkadang dibuat bingung ketika penggunaan CPU atau CPU usage PC mereka naik turun bahkan mencapai 100%, padahal tidak melakukan aktivitas apapun, saya pun pernah mengalaminya.

Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja CPU usage. Misalnya program yang berjalan di system tray terlalu banyak. Atau bisa juga terjadi karena processor agan yang overheat akibat terlalu lama dinyalakan selain itu CPU usage bisa naik drastis pada saat bermain game berat yang terlalu memaksa kinerja CPU ataupun saat Browsing.

Processor memiliki tegangan yang menjadi daya tampung untuk menjalankan setiap perintah program. Tegangan ini di kenal dengan nama satuan GHz. Pasti agan pernah mendengar istilah Intel N2830 2.16 GHz atau semacamnya. Angka 2.16 GHz artinya yaitu processor tersebut memiliki daya tampung hingga 2.16 miliar data dalam waktu 1 detik. Begitu juga dengan 3.0 GHz yang berarti mampu memproses 3.0 miliar data.

Jadi pada intinya kenapa CPU Usage bisa menjadi 100% itu dikarenakan aktivitas kegiatan kerja CPU tidak sebanding dengan daya tampung processor. Pada kesempatan kali ini DroiDot akan membagikan bagaimana cara agar menurunkan kinerja CPU usage. Disini saya menggunakan Windows 8.
  1. Buka Task Manager, klik tab Processes kemudian agan perhatikan pada kolom CPU. cari aplikasi yang angka cpu nya tinggi, Semakin tinggi angkanya maka program tersebut adalah yang paling memberatkan kerja processor
  2. Klik kanan pada salah satu program (background) yang memberatkan, klik End Process  
  3. Seketika CPU usage menurun drastis.
Perlu diingat bahwa fungsi ini akan kembali seperti semula ketika komputer agan di-restart. Akan sangat baik jika agan meng-uninstall program-program tidak penting yang berjalan di system tray

Mungkin cukup sekian tutorial dari DroiDot semoga bermanfaat untuk kita semua,  Terima kasih. 

Post a Comment for "CPU Usage PC Kamu 100%, Inilah Penyebab Dan Cara Mengatasinya"