Header Ads

Tips Membeli Hp Second Atau Bekas


Sebagian masyarakat pengguna handphone pasti suka atau hobi membeli handphone bekas atau second. Mungkin beberapa diantaranya memanfaatkannya untuk bisnis atau mencari keuntungan, mungkin juga sifat cepat bosan dari beberapa pengguna handphone yang memilih untuk membeli handphone second agar tidak terlalu rugi jika ingin dijual lagi.



Saya juga merupakan salah satu orang yang hobi membeli handphone bekas, bukan karena saya tidak punya uang untuk membeli handphone baru (sombong sekali, hehe), tapi sifat saya yang cepat bosan terhadap handpone yang saya gunakan membuat saya cenderung gonta ganti handphone.

Tidak sekali dua kali saya ceroboh saat membeli handphone karena kurang ketelitian saat mengecek kondisi handphone yang akan saya beli. dan pada akhirnya saya malah membeli handphone rusak.. miris ya gan...
jadi ketelitian dan juga kesabaran sangat dibutuhkan jika agan tidak mau malah membeli handphone rusak.

Oleh karena itu saya mau membagi pengalaman berupa tips yang perlu di lakukan ketika membeli handphone bekas atau second :

1. Cek keadaan body handphone,
 
Pada tahap ini lihatlah sisi demi sisi handphone apakah masih rapat atau tidak. Pastikan sisi demi sisinya masih rapat. Melihat handphone jaman sekarang yang kebanyakan "backdoor" nya tidak bisa dibuka/tersegel. jadi apabila body handphone sudah agak terangkat atau terbuka bisa dipastikan kalau handphone tersebut sudah pernah di service/pernah rusak.

2. Cek kondisi mesin pada handphone

Cek lah kondisi mesin yang terlihat seperti touchscreen apakah masih berjalan sesuai dengan mestinya. speakernya apakah masih berfungsi atau tidak, apakah suaranya masih terdengar halus atau cempreng,.Lalu cek kameranya. apakah hasil kamera masih jernih sebagaimana mestinya atau sudah terlihat agak buram/blur.

3. Cek kondisi baterai

Baterai adalah komponen handphone yang sangat vital. jadi agan harus teliti disaat membeli handphone dan pastikan apakah batrai handphone tesebut masih bagus atau sudah drop. banyak tips untuk mengetahui bagamana cara mengetahui kondisi baterai handphone.

4. cek lubang handset dan lubang charger

cek lah lubang headset apakah masih berfungsi atau tidak dan juga tidak kalah penting pastikan lubang charger atau conector charger masih berfungsi normal karena komponen ini merupakan komponen penting untuk pengisian daya baterai.

5. Cek imei yang tertera di handphone dan dusbox

Pastikan imei yang ada di handphone dan yang ada di dusbox cocok. untuk melihat imei yang ada di handphone cukup dengan dial *#06#.

6. Kelengkapan pendukung

Cek kelengkapan pendukung seperti headset dan charger apakah masih berfungsi sebagaimana mestinya. lihat juga apakah charger yg diberikan adalah charger asli bawaan handphone atau bukan. Karena bagaimanapun charger yang bagus adalah charger bawaan pabrik. :)

7. Cek lama pemakaian sebelumnya

Yang terakhir adalah cek lama pemakaian, berapa lama pemakaian handphone tersebut sebelumya. saran saya carilah handphone yang penggunaan sebelumnya dibawah 1 tahun karena semakin lama barang tersebut digunakan semakin rentan juga barang tersebut mengalami kerusakan tergantuk pengguna sebelumnya. hehe...

Mungkin ini beberapa hal yang harus agan perhatikan saat hendak membeli handphone bekas/second. semoga artikel saya ini membuat agan lebih berhati-hati dan teliti disaat ingin membeli handphone second.

Powered by Blogger.