Header Ads

Penggunaan Baterai Smartphone anda Boros? Sudahkah Anda Melakukan Ini Untuk Mengatasinya.


Masalah penggunaan masa pakai baterai pada smartphone yang begitu cepat alias gampang sekali "nge-drop" adalah hal yang umum kita temui. Terlebih lagi ketergantungan pada charger ataupun penggunaan powerbank sering kali kita "selalu" menyalahkan komponen baterai yang dianggap memang sudah tidak layak pakai. Pernyataan ini sebenarnya tidak ada salahnya, namun pernahkah anda berpikir bahwa penyebab masa pakai baterai anda menjadi menurun dikarenakan hal yang sangat sederhanan. Yaitu Cache yang penuh!

Sampai disini mungkin ada bingung dan bertanya-tanya apa hubungan antara menghapus cache dengan masa penggunaan baterai ponsel anda. Seperti yang dilansir oleh situs phonearena dalam salah satu kasus yaitu baterai smartphone Moto Z Force Droid tercatat mengkonsumsi daya sekitar 15% hanya dalam sejam dan ini dinyatakan tidak normal dan dianggap boros karena semestinya hanya kisaran 5% sd 10% saja. Kita ketahui bahwa AnTuTu adalah aplikasi yang menyedot baterai cukup besar, namun saat aplikasi dihapus ternyata tidak bisa mengembalikan daya tahan baterai ke kondisi semula.

Cara Mengatasi Baterai Boros di Android dengan Gampang

..Akhirnya,
Sebuah percobaan dilakukan yaitu dengan menghapus cache dalam ponsel tersebut dan ternyata hasilnya cukup memuaskan karena setelah dilakukan aktivitas pembersihan cache, konsumsi baterai pun kembali normal menjadi 5% setiap jamnya.

Sebelumnya mungkin anda bingung, apa itu Cache?
Cache adalah tempat dimana beberapa file untuk aplikasi dan website tersimpan dalam ponsel. Hal ini demi mendapatkan kecepatan yang lebih baik saat me-loading aplikasi atau website tersebut seperti pintasan dari file aplikasi-aplikasi tertentu.

Lalu bagaimana cara menghapus Cache pada smartphone anda?
Untuk melakukannya cukup gampang, mula-mula buka Setting > Storage > Internal Shared Storage > Cache Data > OK untuk konfirmasi persetujuan. Tentu trik ini berlaku untuk semua smartphone berbasis OS Android.

Jadi, jika kalian punya masalah dengan daya tahan baterai jangan terburu-buru dulu untuk mengikuti saran yang menyuruh melakukan factory reset. Tapi coba dulu bersihkan cache ponsel anda.

Kegunaan Menghapus Cache.
Selain untuk masalah diatas, menghapus cache juga berguna untuk mengurangi resiko aplikasi yang sering kali freeze atau hang saat dibuka, atau kinerja ponsel anda yang mulai melambat.

Demikian artikel singkat tentang cara mengatasi baterai boros di android. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Powered by Blogger.