Header Ads

Aplikasi Pengunci Jaringan 4G/LTE untuk Android

Cara Lock Jaringan 4G LTE Di Android Dengan Mudah - Saat ini jaringan 4G hampir sudah merata ada di sebagian kota-kota besar. Ditambah lagi saat ini sedang gencar gencarnya promo internet murah dari operator seluler dengan tarif internet murah menggunakan jaringan 4G ( LTE ). Jaringan ini mampu menghasilkan kecepatan 100Mb per detik hingga 1Gb per detik.

Namun sayang, secara default smartphone akan selalu memilih jenis koneksi yang paling kuat untuk terhubung ke Internet. Artinya, disaat koneksi 3G atau 4G dari operator seluler yang dipakai cukup kuat, maka perangka Android akan terhubung melalui jaringan tersebut. Namun disaat koneksi 3G/4G lemah maka otomatis Android kamu akan memilih jaringan 2G (GPRS) agar tetap terhubung dengan Internet.


Dampaknya bila anda hanya memiliki paket internet menggunakan layanan jaringan 4G, sementara jaringan saat itu yang kuat adalah jaringan 3G/2G maka secara otomatis jaringan akan beralih ke 3G/2G yang mengakibatkan penggunaan data di luar dari paket data yang dimiliki, sehingga akan dikenakan biaya pulsa anda, tentu ini yang tidak kita harap-harapkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu mengatur smartphone maupun tablet Android agar tetap ter-lock pada koneksi yang diinginkan yaitu selalu berada di jaringan 4G.

Cara Lock Jaringan 3G atau 4G di Android
Cara lock jaringan ke 4G sebenarnya bisa dilakukan pada settingan di pengaturan masing-masing perangkat. Namun cara yang kami sajikan berikut ini adalah dengan bantuan aplikasi yang cukup simple dan mudah.

Aplikasi yang kami maksud adalah "4G LTE Switch". Dengan aplikasi ini kita dengan mengubah/mensetting jaringan yang kita inginkan tanpa nantinya berubah-berubah sesuai jaringan yang mana koneksinya kuat.


Untuk menggunakannya cukup jalankan aplikasi, didalamnya anda langsung rujuk saja ke tap "Set preperred network type" dan pilih jaringan yang akan digunakan.

Perlu diingat, ketika mengatur jaringan smartphone/tablet Android diusahakan selalu mendapat sinyal 4G, karena sewaktu-waktu jaringan tersebut tidak tersedia (misal ketika keluar daerah yang tidak terjangkau jaringan 4G) maka akan menyebabkan perangkat juga tidak akan mendapat sinyal. Jadi solusinya adalah harus mengembalikan pengaturan jaringan yang sudah di setting tadi menjadi ke settingan default lagi.

source:
4G LTE Switch
Diberdayakan oleh Blogger.