Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Masalah Umum Galaxy Nougat dan Cara Mengatasinya

Update Android 7.0 Nougat untuk beberapa smartphone sudah tersedia, sementara untuk melakukan updatenya anda cukup melalaui fasilitas OTA saja bila memang pembaharuan update tersedia.

Namun dalam proses pembaharuan tersebut tidak sedikit yang mengalami masalah (keluhan android nougat) apakah proses yang gagal atau ditemukannya buq dari os tersebut. Pada artikel kali ini kami akan merangkum segala permasalahan yang timbul akibat proses update ke Android Nougat khusus pengguna SAMSUNG Galaxy dan berikutnya membantu untuk memecahkan masalah tersebut.

10 Masalah Umum Galaxy Nougat dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Pada Android Nougat 7.0 Update Galaxy S7 dan S7 Edge.
Masalah mengatasi gagal install update nougat pada Galaxy S7 dan S7 Edge.
Cukup banyak keluhan tentang proses download dan instalasi Android Nougat pada Galaxy S7 dan S7 Edge. Sebenarnya untuk proses instalasi yang cukup umum dan mudah, namun bila anda mengalami dan terjebakpada proses download, cobalah berhenti  atau restart kembali. Jika itu tidak menyelesaikan masalah coba periksa koneksi internet anda.


Perlu diketahui, updatenya yang akan diunduh berukuran cukup besar sehingga anda memerlukan koneksi internet berkecepatan tinggi. Sangat disarankan menggunakan jaringan Wi-Fi yang memiliki koneksi yang stabil.

Mengatasi masalah daya tahan baterai update nougat pada Galaxy S7 dan S7 Edge.
Pada Android 6.0.1 Marshmallow ponsel ini memiliki fitur hemat baterai yang tak terhitung jumlahnya. Ketika berjalan pada Nougat 7.0 daya tahan baterai sedikit mengalami masalah dalam hal ketahanan catu dayanya dan ada yang menyatakan android nougat boros baterai.

Cara yang dapat anda lakukan agar daya baterai tetap tahan lama adalah memeriksa aplikasi pihak ketiga. Pastikan aplikasi-aplikasi pihak ketiga yang terinstall tidak berpotensi menimbulkan masalah terhadap catu daya beterai ponsel anda. Tetapi perlu diingat bukan berarti aplikasi yang ada di google play store semua aman terhadap penggunaan daya baterai. Intinya jika anda menggunakan banyak aplikasi, tentu itu akan menguras baterai anda.

Selain itu juga di mana bug atau masalah yang mungkin menyebabkan sebuah aplikasi untuk melakukan proses menguras isi baterai. Dan ini sepertinya terjadi pada aplikasi Oculus yang sudah ada pada updaten nougat untuk Gear VR yang benar-benar menguras baterai ponsel anda.

Bila tidak cukup penting, silahkan nonaktifkan saja dengan cara tap ke Settings > Applications > Application Manager dan gulir ke bawah untuk mencari app Oculus. Setelahnya Pilih aplikasi dan tap tombol "Disable" atau "Uninstall".

Mengatasi Masalah Wi-Fi pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Jika anda baru saja menginstall Nougat dan menemukan masalah Wi-Fi pada perangkat Anda, jangan khawatir. Untuk memecahkan masalah ini  yang perlu  dilakukan adalah melakukan restart cepat perangkat Anda. Dan lihat hasilnya, jika ini tidak membantu coba cek koneksi anda.

Bila anda anda seorang admin, kami sarankan mencabut router anda selama satu menit atau lebih. Lalu pasang kembali dan periksa kembali koneksi Wi-Fi.

Namun bila anda berada di tempat umum, atau jika anda yakin itu bukan masalah router, coba perbaikan ini: rujuk ke ke pengaturan anda dan lihatlah koneksi Wi-Fi yang tersimpan. Dari situ, lalu pilih opsi "Lupa jaringan" setelahnya silahkan masuk kembali kejaringan tersebut dengan memasukan sandi anda lagi.

Jika itu tidak membantu memperbaiki masalah Anda, anda harus boot perangkat Galaxy anda ke mode Safe Mode. Safe Mode menonaktifkan aplikasi pihak ketiga dan yang bisa membantu Anda mempersempit penyebab masalah Wi-Fi Anda.

Mengatasi Masalah Bluetooth pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Sebenarnya masalah bluetooth sangat umum dan ini biasanya sangat sulit untuk memperbaikinya, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Pertama, cobalah mengubah bluetooth on ke off dan on kan kembali lalu gunakan seperti biasanya. Bila ini tidak mengatasi masalah silahkan masuk ke pengaturan perangkat anda rujuk ke pengaturan anda dan lihatlah koneksi bluetoorh yang tersimpan. Dari situ, lalu pilih opsi "Lupakan" setelahnya coba menghubungkan kembali ke perangkat bluetooth.

Mengatasi Masalah Data Selullar pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Jika Anda mengalami masalah terhadap data seluler setelah menginstal Android Nougat pada perangkat Galaxy Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan reboot seperti biasa, semestinya setelah itu masalah akan terselesaikan.

Bila reboot sederhana tersebut tidak meningkatkan koneksi internet, Pastikan bahwa operator provider online dalam keadaan normal dan tidak ada gangguan. Untuk itu anda harus menunggu beberapa menit bahkan beberapa jam untuk mengetahuinya.

Dan bila itu tidak berhasil juga, coba beralih ke Airplane Mode. Ini akan mematikan semua koneksi anda. Selanjutnya, cobalah kembali hidupkan modus data selullar dengan menggunakan jaringan 3G/LTE untuk melihat apakah ada perubahan.

Mengatasi Masalah Random Reboot pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Cukup mengejutkan memang, banyak yang mengalami bahwa setelah update nougat 7.0, perangkat anda sering acak reboot, ada beberapa hal untuk mencoba mengatasi hal ini.

Pertama, coba restart perangkat anda. Setelahnya cobalah perbarui aplikasi-aplikasi anda. Sangat direkomendasikan untuk membersihkan App Data dan Cache. Untuk melakukannya, anda harus masuk ke Settings dan kemudian pilih Aplikasi.

Mengatasi Masalah Lag pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Untuk mengatasi masalah ini coba pada Settings screen ketuk Device Maintenance dan kemudian arahkan ke RAM. Untuk mengurangi jumlah pemakaian RAM perangkat, periksa aplikasi dari daftar aplikasi lalu tekan tombol Clean Now.

Anda juga dapat mencoba menghapus file yang tidak diperlukan lagi dan meng-cut kembali pada jumlah widget yang anda gunakan.

Sangat disarankan untuk mencoba fitur kinerja baru yang ada di Nougat. Yaitu Normal Mode untuk penggunaan sehari-hari, Game Mode untuk penggunaan disaat memainkan game serta Entertainment Mode, untuk  mode Kinerja tinggi dimana akan menggunakan pengaturan kualitas tertinggi.

Mengatasi Masalah Black Screen pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Bila anda mengalami hal ini dimana layar ponsel menjadi hitam dan tidak responsif terhadap sentuhan, ada beberapa perbaikan yang mungkin bisa dilakukan:

Pertama, melakukan hard reset. Tahan tombol daya dan volume bawah perangkat sampai ponsel reboot. Bila tidak berhasil, cobalah untuk tahan tombol Power, Home, dan volume Up. Jika anda menahan cukup lama maka akan terlihat logo Samsung dan menu recovery. Dari sana, gunakan tombol volume atas perangkat untuk menyorot pilihan sistem Reboot Now dan dan diakhiri tekan tombol power.

Jika itu tidak berhasil, cobalah membiarkan baterai perangkat anda habis. Setelahnya, hubungkan ke charger dan biarkan terpasang di selama satu jam atau lebih  dalam keadaan off.

Mengatasi Masalah Sound pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Jika Anda menemukan masalah dengan suara pada perangkat anda setelah menginstal Nougat, berikut adalah beberapa hal untuk mencoba:

Pertama, pastikan speaker grille Anda bersih. Periksa puing-puing dan kotoran-kotoran yang menempel... jika anda menemukan, bersihkan.. dan lihat setelahnya apakah suara speaker anda bekerja dengan baik lagi. Bila itu tidak membantu, cobalah reboot ponsel anda.

Dan jika anda mengalami masalah suara dalam aplikasi tertentu, maka periksa pembaruan aplikasi tersebut. Jika tersedia, silahkan download untuk melihat apakah ini memecahkan masalah.

Mengatasi Masalah Camera pada Nougat 7.0 Galaxy S7 dan S7 Edge.
Beberapa pengguna Android Nougat mengalami masalah dengan aplikasi kamera. Kadang-kadang aplikasi tetap hitam dan bisa jadi itu crash. Untuk mengatasi masalah ini cukup reboot perangkat anda dan lihat hasilnya. Bila ini tidak memecahkan masalah kami sarankan masuk ke pengaturan aplikasi anda melalui Settings dan cache camera dan data aplikasi anda.

source:
http://www.gottabemobile.com/samsung-galaxy-android-nougat-problems-fixes/