Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Error Google Play Store di Ponsel Android

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Hp Android - Google Play Store adalah aplikasi bawaan android yang bisa digunakan untuk mendownload berbagai aplikasi yang dibutuhkan. Namun demikian terkadang para pengguna andaroid pernah mengalami hal dimana menerima masalah sehingga google play store tidak bisa dibuka. Pasti akan bertanya-tanya kenapa bisa terjadi, padahal ponsel sudah terhubung ke internet bahkan penggunaan RAM masih normal dan baik baik saja.

Masalah Google Play Store tidak bisa dibuka disebabkan banyak faktor baik itu dari masalah pengaturan yang salah hingga adanya aplikasi yang bermasalah. Dan sebenarnya untuk mengatasi play store yang tidak bisa dibuka sebenarnya cukup mudah untuk mengatasinya, anda hanya perlu melakukan beberapa hal untuk memperbaiki play store yang tidak bisa dibuka.


Berikut hal-hal yang bisa anda lakukan sehingga aplikasi google play store bisa di buka dan dapat berjalan dengan normal kembali di android.

Periksa Tanggal dan Waktu di Handphone
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek tanggal dan waktu pada handphone anda. Kesalahan dalam memasukan tanggal di handphone menyebabkan tidak bisanya play store dibuka. Untuk melakukannya, ketuk tap Settings/Pengaturan lalu pilih tanggal & waktu. Silahkan cek apakah tanggal yang terdapat di handphone anda sudah sesuai, agar biar aman centang pilihan tanggal dan waktu di perbaharui secara otomatis saja. Bila sudah, silahkan coba kembali buka play store lagi. Apakah sudah bisa digunakan apa belum?.

Hapus Data dan Cache
Bila cara diatas tidak menemukan hasil, hal yang perlu anda lakukan berikutnya adalah mencoba menghapus data dan cache.

  • Untuk melakukannya, silahkan buka Settings/Pengaturan > Aplikasi Manajer atau APL.  
  • Anda akan ditampilkan 3 tab  opsi (didownload, berjalan, dan semua), silahkan arahkan dengan cara menggeser sampai terbuka di “Semua”. 
  • Cari dan pilih aplikasi "Google Play Store"
  • Matikan aplikasi Plays Store dengan memilih menu “Force Stop”.
  • Terakhir hapus data dan cache di play store dengan menekan “Clear Data” dan “Clear Cache

Atur Ulang Google Account Di Perangkat Anda
Hal yang mungkin penyebab google plays store tidak bisa dibuka bila cara diatas belum berhasil, dikarenakan masalah akun google yang ada diperangkat anda. Coba atur ulang Google Account dengan menghapus akun anda pada ponsel dengan cara :
  • Buka Settings > Accounts > Google Account, lalu pilih akun email yang ingin dihapus.
  • Lanjutkan tekan menu ‘Remove’ atau ikon bergambar tempat sampah.
  • Selanjutnya tambahkan kembali akun yang baru saja dihapus tadi dengan cara buka Settings > Accounts > Add Account > Google dan ikuti langkah selanjutnya.
Bila menambahkan kembali akun google yang baru saja dihapus tadi masih tidak menyelesaikan masalah, coba masukan akun google yang berbeda. Mungkin saja ada beberapa kesalahan ketika membuat akun google yang pertama tadi.

Hard Reset Perangkat
Inilah cara yang bisa saja tidak anda inginkan, tapi mungkin ini cara yang bisa mengatasi play store tidak bisa dibuka sebelum anda harus menyerahkannya kepihak service untuk memperbaikinya.

Cara ini memiliki risiko yaitu semua data anda akan hilang untuk itu silahkan backup dulu data-data penting anda sebelum anda melakukannya. Bila sudah yakin untuk melakukan reset factory silahkan lakukan “Factory Data Reset” dan lanjutkan konfirmasi persetujuan.

Setelah proses reset factory selesai, maka ponsel anda  akan kembali ke pengaturan awal (pabrik), silahkan masukan kembali akun google anda seperti cara diatas, dan lihat hasilnya...

Post a Comment for "Cara Mengatasi Error Google Play Store di Ponsel Android"