Header Ads

Urutan Nama Nama Versi Android Dari Awal Sampai Sekarang


Apa itu Android? Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc., dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005.

Android memiliki berbagai versi dari awal mula terbentuknya Android sampai sekarang, berikut daftar nama versi android dari awal sampai sekarang :

1. Android 1.0 and 1.1: Unnamed
Pada awal tampaknya tidak ada codename yang diberikan pada android versi 1.0 dan 1.1, namun ini adalah kelanjutan dari Android Alpha dan Android Beta yang dirilis awal pada tahun 2007 - 2008.

2. Android 1.5: Cupcake


Secara teknis Android 1.5 bukan versi pertama, karena memang sebelumnya sudah ada keluaran versi walaupun belum ada diberikan codenames apapun. Di antara banyak perubahan dengan codename Cupcake, sudah tersedia keyboard pihak ketiga dan Widget dan telepon bisa meng-upload langsung ke YouTube dan Picasa.

Sedangkan nama "cupcake," adalah nama tren makanan penutup ternama berupa kue kecil dipanggang dalam cetakan berbentuk cangkir yang biasanya disajikan dengan frosting di atas.

3. Android 1.6: Donut


Android Versi Donut ini dirilis pada bulan September 2009, di versi ini Google mulai memperbaiki Bug yang membuat Android ini lebih sempurna ditambah lagi dengan menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar serta fitur nafigasi turn-by-turn.

Nama donat adalah friedcake berbentuk cincin kecil. Cincin ini terbuat dari kaya adonan, ringan dan goreng. Berbagai lapisan manis dapat ditambahkan.

4. Android 2.0 and 2.1: Eclair


Android 2.0 dirilis pada bulan Oktober 2009, dengan versi perbaikan (2.0.1) yang keluar pada Desember 2009 yang dilanjutkan Android 2.1 rilis Januari 2010. Fitur yang ditambahkan adalah dukungan Bluetooth 2.1, flash dan digital zoom untuk kamera, dukungan multi-touch, live wallpaper, dan banyak lagi.

Nama Eclair biasanya digambarkan sebagai krim puff oblong. Kue-kue panggang dengan isi krim dan cokelat coating di atasnya.

5. Android 2.2: Froyo


Pada Android 2.2 meningkatkan kecepatan dengan mengadopsi Javascript "just-in-time" mesin compiler dari browser Google Chrome. Hal ini juga meningkatkan dukungan browser dengan menambahkan dukungan animasi GIF dan dukungan plugin Flash 10.1, ditambah dengan USB tethering dan kemampuan Wi-Fi Hotspot.

Froyo adalah singkatan dari "frozen yogurt" yaitu makanan penutup yang dibekukan yang terbuat dari yogurt, rasanya sedikit asam namun rendah lemak.

6. Android 2.3, 2.4: Gingerbread


Google secara resmi mengumumkan ponsel pertama dengan OS Android 2.3 pada bulan Desember 2010. Rilis Gingerbread memperkenalkan dukungan untuk komunikasi jarak dekat (NFC) (digunakan dalam solusi pembayaran mobile) dan inisiasi sesi protokol (SIP) (digunakan dalam telepon internet VoIP).

Telepon cerdas Nexus S, yang dirilis pada tahun 2010, adalah ponsel pertama dari lini Google Nexus yang menjalankan Gingerbread, dan juga yang pertama dari lini dengan fungsi NFC yang terpasang tetap.

Sebagai hidangan penutup, Gingerbread (Jahe) pada dasarnya adalah kue rasa jahe. Kue ini sering dibuat untuk merayakan akhir tahun liburan di AS. Cookie dipotong menjadi bentuk seorang pria-dan dihiasi dengan icing dan permen.

7. Android 3.0, 3.1, and 3.2: Honeycomb


Honeycomb dirilis pada bulan Februari 2011, dan dengan cepat diikuti oleh 3,1 dan 3,2 pada bulan Juli dan Agustus 2011. Google memposting banyak preview dan highlight pada Honeycomb.

Honeycomb untuk platform Android yang dirancang untuk perangkat dengan ukuran layar yang lebih besar, terutama tablet. Selain penambahan fitur baru, Honeycomb memperkenalkan apa yang disebut tema antarmuka pengguna "hologram" yang baru dan model interaksi yang dibangun pada fitur utama Android, seperti multitasking, pemberitahuan dan widget

Honeycomb (sarang lebah) adalah lembaran sel heksagonal lebah membangun lilin dan isi dengan madu. Honeycomb segar dapat dikonsumsi sebagai makanan penutup, beberapa orang melakukannya dengan mengunyah atau bahkan mengkonsumsi lilin dengan madu.


8. Android 4.0: Ice Cream Sandwich


Diluncurkan pada 18 Oktober 2011, Android 4.0 dibuat berdasarkan Android 3.0 "Honeycomb" yang terdapat perubahan signifikan dari rilis ini , dalam upaya membuat sebuah platform yang bisa digunakan di smartphones dan tablets, dengan menyederhanakan dan memodernisasi semua pengalaman menggunakan Android dengan sebuah set baru dari human interface guidelines sebagai upaya dari hal ini Android 4.0 memperkenalkan tampilan baru yang disebut dengan "Holo", yang dibuat sangat bersih, desain minimalistik, typeface baru bernama Roboto.

Namun demikian banyak perangkat yang lambat untuk mengupgrade Ice Cream Sandwich. Terhitung 3 bulan setelah Ice Cream Sandwich setelah diluncurkan, hanya satu telepon (Samsung Galaxy Nexus) yang dirilis untuk menjalankannya.

Dalam kehidupan nyata, sandwich es krim (Ice Cream Sandwich) adalah lapisan es krim, biasanya aroma vanilla, terjepit di antara dua cookies, biasanya cokelat dan berbentuk persegi panjang.

9. Android 4.1: Jelly Bean


Jelly Bean keluar pada tahun 2012. Perubahan terbesar termasuk "Google Now," asisten AI yang mengantisipasi kebutuhan yang lebih baik, Google Search, pemberitahuan lebih interaktif. Jelly Bean juga memungkinkan "mengetik suara," built-in speech-to-text mesin yang tidak bergantung pada Internet atau data.

10. Android 4.4: KitKat


Google mengumumkan bahwa Android 4.4 akan diberi nama KitKat pada tanggal 3 September 2013. Meskipun pada awalnya di bawah nama sandi "Key Lime Pie" ("KLP"), nama itu berubah karena "sangat sedikit orang benar-benar tahu rasa key lime pie."

KitKat adalah nama perusahaan induk Nestlé. KitKat memulai debutnya pada Google Nexus 5 pada tanggal 31 Oktober 2013, dan dioptimalkan untuk berjalan pada rentang yang lebih besar dari perangkat dari versi Android sebelumnya, memiliki 512 MB RAM sebagai minimum yang disarankan; perbaikan-perbaikan yang dikenal sebagai "Proyek langsing" internal di Google.

KitKat mengupdate fitur Google Now dan mengambil sebuah langkah lebih lanjut dengan "Google Ok". Google Ok memungkinkan orang untuk mengakses Google Now tanpa menyentuh ponsel-hanya secara lisan mengatakan kalimat membuka asisten kecerdasan buatan. KitKat juga memperkenalkan Emoji keyboard Google.

11. Android 5.0: Lollipop


Android 5 disebut Lollipop tersedia secara resmi melalui over-the-air (OTA) update pada tanggal 12 November 2014, untuk memilih perangkat yang menjalankan distribusi Android dilayani oleh Google (seperti perangkat Nexus dan Google Play edition). Kode sumbernya dibuat tersedia pada 3 November 2014.

Lollipop berisi perbaikan UI lainnya dan memiliki baterai yang sangat baik pada beberapa perangkat.

12. Android 6.0: Marshmallow


Android 6: Marshmallow sudah keluar untuk perangkat Nexus dan diyakini segera hadir untuk semua perangkat terbaik sebelum akhir tahun ini, dan untuk perangkat lain pada pertengahan 2016.

13. Android 7.0: Nougat


14. Android 8.0: Oreo?
Kabar yang beredar bahwa OS Android berikutnya adalah diberi nama "Oreo", apa benar? kita tunggu saja info dan perkembangannya.
Powered by Blogger.