Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android

Pertanyaan apa artikel kali ini adalah kenapa tidak bisa install aplikasi di android? Entah kenapa aplikasi tidak bisa di install di tablet Advan T1J+. Setelah dianalisa memang ternyata banyka penyebab kenapa tidak bisa menginstall aplikasi di ponsel android.

Biasanya android akan memberikan informasi yang spesifik secara otomatis kepada kita mengenai alasan dan penyebabnya. Biasanya dengan memberikan pesan error, petunjuk atau keterangan seperti ini "application cannot be installed in the default installation location”, “not enough space on device”, "insufficient storage available", bisa juga seperti "out of space” namun pada kasus yang saya alami tidak ada pesan sedikit pun apa penyebab tidak bisanya di install aplikasi di android. Yang ada setiap melakukan install aplikasi yang muncul hanya aplikasi tidak bisa di install.

Tips Install Aplikasi di Android


Setelah membaca beberapa artikel maka kemungkinan-kemungkinan penyebab tidak bisa install aplikasi di android adalah sebagai berikut :

  • Sisa memory yang tersedia di SD card tidak cukup.
Kapasitas yang dibutuhkan untuk menginstall aplikasi kurang dari kapasitas yang tersedia di SD card menyebabkan proses instalasi menjadi tidak bisa atau gagal karena tidak cukup ruang. Untuk mengatasinya silahkan hapus file atau aplikasi yang tersimpan di SD card yang sekiranya sudah tidak diperlukan lagi sampai sekirannya ruang memory cukup untuk menginstall aplikasi.

  • Hasil download aplikasi tidak sempurna.
Kemungkinan pada saat proses download aplikasi Android, terjadi gangguan koneksi internet yang menyebabkan file data aplikasi Android tidak terdownload dengan sempurna. Untuk mengatasinya download ulang aplikasi yang diinginkan dengan menggunakan koneksi internet yang stabil.

  • SD card Anda corrupt atau bermasalah.
Bila ini penyebabnya langkah yang paling ampuh dan dijamin sukses nantinya pada saat kembali menginstall aplikasi di android maka memformat SD card jalan keluarnya. Namun ingat untuk mem-back up data-data yang penting terlebih dahulu, dan juga apabila ada aplikasi atau game Android yang terinstall di SD card akan terhapus saat proses format.

Bagaimana bila cara diatas belum menemukan hasil alias masih tetap tidak bisa mengisntall aplikasi di android?

Maka coba cara dibawah ini :

Coba lakukan dengan menghapus file smdl2tmp1.asec. File ini adalah file temporary (sementara) yang tercipta pada saat proses instalasi. File ini terletak pada folder /sdcard/.android_secure.

Untuk menghapus file ini anda memerlukan file manager misal dengan aplikasi  File Expert. Sebelum melakukannya maka seting telebih dahulu aplikasi agar bisa memunculkan hidden files dengan cara :

  • Jalankan aplikasi File Expert
  • Tekan tombol MENU
  • Pilih MORE
  • Pilih Settings
  • Pilih File Explorer Settings
  • Centang atau beri tanda check list pada tulisan “Hidden Dir

Demikianlah tutorial mengatasi gagal dan tidak bisa install aplikasi di android. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi di Android"